Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI |
|
||||||||||
BK10 |
Mampu mengaplikasikan keahliannya secara khusus dalam penyelesaian masalah; |
|||||||||||
BK13 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip teori-teori pendidikan pembelajaran agama Islam untuk mengembangkannya secara inovatif; |
|||||||||||
BK15 |
Menguasai konseptual bidang studi PAI untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah dan mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran agama; |
|||||||||||
BK17 |
Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, sumber belajar dan mampu menerapkannya dalam pembelajaran yang inovatif sebagai guru mata pelajaran PAI |
|||||||||||
CK16 |
Menguasai konsep teoritis model dan strategi pembelajaran. |
|||||||||||
D4 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran; |
|||||||||||
D6 |
Mampu menerapkan pembelajaran secara inovatif; |
|||||||||||
CP-MK |
MAHASISWA MAMPU MEMPELAJARI DAN MEMAHAMI BERBAGAI MODEL DAN METODE BELAJAR YANG SEDANG BERKEMBANG DAN MENGADAPTASIKANNYA UNTUK PEMBELAJARAN PAI |
|||||||||||
|
||||||||||||
Sub CP-MK |
|
|||||||||||
M1 |
Mahasiswa memahami konsep hakikat model, strategi pembelajaran |
BK10;K BK13;K BK17;C16 |
||||||||||
M2 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Brainstorming |
BK10; BK17;CK16;D16; |
||||||||||
M3 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran tebak kata |
BK10; BK17;CK16;D16; |
||||||||||
M4 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) |
BK10; BK17;CK16;D16; |
||||||||||
M5 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Number Head Together (NHT) |
BK10; BK17;CK16;D16; |
||||||||||
M6 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Picture and picture
|
BK10; BK17;CK16;D16; |
||||||||||
|
M7 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Debat aktif |
BK10; BK17;CK16;D16; |
|||||||||
|
M8 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Make A Match |
BK10; BK17;CK16;D16; |
|||||||||
|
M9 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Role Playing |
BK10; BK17;CK16;D16; |
|||||||||
|
M10 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Snowball Throwing |
BK10; BK17;CK16;D16; |
|||||||||
|
M11 M12 |
Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Course Review dan Mind Maping Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Problem Solving dan Demonstrasi |
BK10; BK17;CK16;D16; BK10; BK17;CK16;D16; |
|||||||||
Diskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini akan menyajikan dan mendiskusikan bahan perkuliahan mengenai tugas dan peran guru, konsep dasar strategi pembelajaran, pembelajaran yang efektif, klasifikasi metode pembelajaran, model pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, diharapkan dapat membantu mahasiswa sebagai calon guru menyiapkan diri dalam tugas keguruan dengan baik. |
|||||||||||
Pokok Bahasan / Bahan Kajian |
POKOK BAHASAN DALAM MATA KULIAH INI ADALAH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING, TEBAK KATA, THINK PAIR SHARE (TPS), NUMBER HEAD TOGETHER (NHT), PICTURE AND PICTURE, DEBAT AKTIF, MAKE A MATCH, ROLE PLAYING, SNOWBALL THROWING, COURSE REVIEW HORAY DAN MIND MAPING, PROBLEM SOLVING DAN DEMONSTRASI. |
|||||||||||
Pustaka |
Utama : |
|
||||||||||
|
||||||||||||
Pendukung : |
|
|||||||||||
15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum2013.
|
||||||||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat lunak : |
Perangkatkeras : |
||||||||||
POWER POINT, INTERNET |
LAPTOP, LCD PROYEKTOR, WHITE BOARD, KABEL PENGHUBUNG |
|||||||||||
Team Teaching |
- |
|||||||||||
Matakuliahsyarat |
- |
|||||||||||
Mg Ke-
(1) |
Sub-CP-MK
(2) |
Indikator
(3) |
Kriteria & Bentuk Penilaian (4) |
Metode Pembelajaran [ Estimasi Waktu] (5) |
Materi Pembelajaran [Pustaka] (6) |
|
||||||
1 |
Mahasiswa memahami menjelaskan hakikat model, strategi pembelajaran
|
1.1 Menjelaskan hakikat model, strategi pembelajaran
|
Kebenaran dan kejelasan hakikat model, strategi pembelajaran |
Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit
|
Ruang lingkup hakikat model, strategi pembelajaran
|
|
||||||
2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep metode Brainstorming |
1.2 Menjelaskan konsep konsep metode Brainstorming |
Kebenaran dan kejelasan konsep konsep metode Brainstorming |
Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Brainstorming |
|
||||||
3 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran tebak kata |
1.3 Mengidentifikasi metode pembelajaran tebak kata
|
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran tebak kata
|
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran tebak kata |
|
||||||
4 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) |
2.1 Menjelaskan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS)
|
Kebenaran dan kejelasan konsep ontology, epistimologi, dan aksiologi, Tes Tulis |
Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) |
|
||||||
5 |
Mahasiswa Memahami metode pembelajaran Number Head Together (NHT) |
2.2 Menjelaskan metode pembelajaran Number Head Together (NHT) |
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Number Head Together (NHT), Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Number Head Together (NHT) |
|
||||||
6 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Picture and picture |
2.5 menjelaskan metode pembelajaran Picture and picture
|
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Picture and picture Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Picture and picture |
|
||||||
7 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Debat aktif |
3.1 Menjelaskan metode pembelajaran Debat aktif |
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Debat aktif, Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Debat aktif |
|
||||||
8 |
Evaluasi Tengah Semester (Tugas Resume 5-10 Jurnal Terakreditasi SINTA dengan ketentutan dan template yang sudah disediakan. |
|
||||||||||
9 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Make A Match |
3.2 Menjelaskan metode pembelajaran Make A Match
|
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Make A Match, Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Make A Match |
|
||||||
10 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Role Playing
|
4.1 Menjelaskan metode pembelajaran Role Playing
|
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Role Playing, Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Role Playing |
|
||||||
11 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Snowball Throwing
|
4.2 Menganalisis metode pembelajaran Snowball Throwing
|
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Snowball Throwing, Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Snowball Throwing |
|
||||||
12 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Course Review Horay |
5.1 Menjelaskan metode pembelajaran Course Review Horay |
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Course Review Horay, Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Course Review Horay |
|
||||||
13 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Mind Mapping
|
Menjelaskan metode pembelajaran Mind Mapping |
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Mind Mapping, Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Mind Mapping |
|
||||||
14 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Problem Solving |
6.1 Menjelaskan metode pembelajaran Problem Solving |
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Problem Solving, Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Problem Solving |
|
||||||
15 |
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Demonstrasi |
6.2 Menjelaskan metode pembelajaran Demonstrasi
|
Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Demonstrasi, Tes Tulis |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab; 2 X 50 menit |
Metode pembelajaran Demonstrasi |
|
||||||
16 |
Evaluasi Akhir Semester (Penelitian Model dan Strategi Pembelajaran di Sekolah/ Madrasah). |
|
- Dosen: Ahmad Nur Ismail