Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI        

 

BK10

Mampu mengaplikasikan keahliannya secara khusus dalam penyelesaian masalah;

BK13

Mampu menerapkan prinsip-prinsip teori-teori pendidikan pembelajaran agama Islam untuk mengembangkannya secara inovatif;

BK15

Menguasai konseptual bidang studi PAI untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah dan mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran agama;

BK17

Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, sumber belajar dan mampu menerapkannya dalam pembelajaran yang inovatif sebagai guru mata pelajaran PAI

CK16

Menguasai konsep teoritis model dan strategi pembelajaran.

D4

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran;

D6

Mampu menerapkan pembelajaran secara inovatif;

CP-MK

MAHASISWA MAMPU MEMPELAJARI DAN MEMAHAMI BERBAGAI MODEL DAN METODE BELAJAR YANG SEDANG BERKEMBANG DAN MENGADAPTASIKANNYA UNTUK PEMBELAJARAN PAI

 

Sub CP-MK

 

M1

Mahasiswa memahami konsep hakikat model, strategi pembelajaran

BK10;K BK13;K BK17;C16

M2

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Brainstorming

BK10; BK17;CK16;D16;

M3

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran tebak kata

BK10; BK17;CK16;D16;

M4

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Think Pair Share (TPS)

BK10; BK17;CK16;D16;

M5

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Number Head Together (NHT)

BK10; BK17;CK16;D16;

M6

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Picture and picture

 

BK10; BK17;CK16;D16;

 

M7

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Debat aktif

BK10; BK17;CK16;D16;

 

M8

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Make A Match

BK10; BK17;CK16;D16;

 

M9

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Role Playing

BK10; BK17;CK16;D16;

 

M10     

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Snowball Throwing

BK10; BK17;CK16;D16;

 

 

M11

M12

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Course Review dan Mind Maping

Mahasiswa memahami konsep metode pembelajaran Problem Solving dan Demonstrasi  

BK10; BK17;CK16;D16;

BK10; BK17;CK16;D16;

Diskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini akan menyajikan dan mendiskusikan bahan perkuliahan mengenai tugas dan peran guru, konsep dasar strategi pembelajaran, pembelajaran yang efektif, klasifikasi metode pembelajaran, model pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, diharapkan dapat membantu mahasiswa sebagai calon guru menyiapkan diri dalam tugas keguruan dengan baik.

Pokok Bahasan / Bahan Kajian

POKOK BAHASAN DALAM MATA KULIAH INI ADALAH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING, TEBAK KATA, THINK PAIR SHARE (TPS), NUMBER HEAD TOGETHER (NHT), PICTURE AND PICTURE, DEBAT AKTIF, MAKE A MATCH, ROLE PLAYING, SNOWBALL THROWING, COURSE REVIEW HORAY DAN MIND MAPING, PROBLEM SOLVING DAN DEMONSTRASI.

Pustaka

Utama :

 

 

  1. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Pustakasetia. Bandung
  2. Zainal Aqib, 2015. Model-model, media dan strategi pembelajaran kontekstual (INOVATIF) Penerbit: Yrama widya
  3. Zainal Aqib, 2015. Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Penerbit: Satu Nusa.

 

Pendukung :

 

  1. 53 METODE BELAJAR PEMBELAJARAN plus aplikasinya
  2. 68 Model pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013
  3. Erwin Widiasmoro, Srategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (OUTDOOR LEARNING) Penerbit: Ar-ruzz Media.
  4. Strategi dan Model-model PAIKEM, Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, Dirjen Pendis Kemenag.
  5. Aan Hasanah, Pendidikan Karakter,
  6. Bloom’s Taxonomy: The 21st Century Version, Education Technology and Mobile Learning: A Resource of Free Educational Web Tool and Mobile App for Education
  7.  Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
  8.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  9.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
  10. 10.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
  11. 11.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan
  12. 12.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasahaliyah.
  13. 13.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
  14. 14.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikandasar dan  pendidikan menengah.

15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum2013.

 

 

Media Pembelajaran

Perangkat lunak :

Perangkatkeras :

POWER POINT, INTERNET

LAPTOP, LCD PROYEKTOR, WHITE BOARD, KABEL PENGHUBUNG

Team Teaching

-

Matakuliahsyarat

-

Mg Ke-

 

(1)

 Sub-CP-MK

 

(2)

Indikator

 

(3)

Kriteria & Bentuk Penilaian

(4)

Metode Pembelajaran

[ Estimasi Waktu]

(5)

Materi Pembelajaran

[Pustaka]

(6)

 

1

Mahasiswa memahami menjelaskan hakikat model, strategi pembelajaran

 

1.1   Menjelaskan hakikat model, strategi pembelajaran

 

Kebenaran dan kejelasan hakikat model, strategi pembelajaran

Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2         X 50 menit

 

 

 

Ruang lingkup hakikat model, strategi pembelajaran

 

 

2

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep metode Brainstorming

1.2   Menjelaskan konsep konsep metode Brainstorming

Kebenaran dan kejelasan konsep konsep metode Brainstorming

Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Brainstorming

 

3

Mahasiswa memahami metode pembelajaran tebak kata

1.3   Mengidentifikasi metode pembelajaran tebak kata

 

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran tebak kata

 

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran tebak kata

 

4

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Think Pair Share (TPS)

2.1   Menjelaskan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS)

 

Kebenaran dan kejelasan konsep ontology, epistimologi, dan aksiologi,

Tes Tulis

Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Think Pair Share (TPS)

 

5

Mahasiswa Memahami metode pembelajaran Number Head Together (NHT)

2.2   Menjelaskan metode pembelajaran Number Head Together (NHT)

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Number Head Together (NHT), Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Number Head Together (NHT)

 

6

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Picture and picture

2.5   menjelaskan metode pembelajaran Picture and picture

 

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Picture and picture

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Picture and picture

 

7

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Debat aktif

3.1   Menjelaskan metode pembelajaran Debat aktif

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Debat aktif,

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Debat aktif

 

8

Evaluasi Tengah Semester (Tugas Resume 5-10 Jurnal Terakreditasi SINTA dengan ketentutan dan template yang sudah disediakan.

 

9

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Make A Match

3.2   Menjelaskan metode pembelajaran Make A Match

 

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Make A Match,

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Make A Match

 

10

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Role Playing

 

4.1   Menjelaskan metode pembelajaran Role Playing

 

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Role Playing,

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Role Playing

 

11

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Snowball Throwing

 

4.2   Menganalisis metode pembelajaran Snowball Throwing

 

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Snowball Throwing,

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Snowball Throwing

 

12

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Course Review Horay

5.1   Menjelaskan metode pembelajaran Course Review Horay

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Course Review Horay,

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Course Review Horay

 

13

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Mind Mapping

 

Menjelaskan metode pembelajaran Mind Mapping

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Mind Mapping,

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Mind Mapping

 

14

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Problem Solving

6.1   Menjelaskan metode pembelajaran Problem Solving

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Problem Solving,

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Problem Solving

 

15

Mahasiswa memahami metode pembelajaran Demonstrasi

6.2   Menjelaskan metode pembelajaran Demonstrasi

 

Kebenaran dan kejelasan metode pembelajaran Demonstrasi,

Tes Tulis

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab;

2 X 50 menit

Metode pembelajaran Demonstrasi

 

16

Evaluasi Akhir Semester (Penelitian Model dan Strategi Pembelajaran di Sekolah/ Madrasah).