Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan ajaran Islam sebagai sumber nilai dalam pengembangan profesi dan kepribadian islami

CPL  Sub-CPMK

 

S-1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S-2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

S-5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

S-6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

KU -1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang seduai dengan bidang keahliannya

KU -2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

Mahasiswa diarahkan untuk memiliki kepribadian yang utuh (kaffah) dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku, terutama dalam pengembangan keilmuan dan profesinya. Kepribadian yang utuh hanya dapat diwujudkan dengan menanamkan iman dan takwa kepada Allah Swt. Membangun kesadaran bahwa keimanan dan ketakwaan, hanya akan terwujud apabila ditopang dengan pengembangan elemen-elemennya, yakni: wawasan / pengetahuan tentang Islam (Islamic knowledge), sikap keberagamaan (religion dispositions), keterampilan menjalankan ajaran Islam (Islamic skills), komitmen terhadap Islam (Islamic committment), kepercayaan diri sebagai seorang muslim (moslem confidence), dan kecakapan dalam melaksanakan ajaran agama (Islamic competence).

Bahan Kajian / Materi Pembelajaran

  1. Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Agama Islam
  2. Nilai-Nilai Spiritualitas Islam
  3. Peran Agama
  4. Integrasi Iman, Islam, Dan Ihsan Dalam Pembentukan Insan Kamil
  5. Paradigma Qur’an Dalam Membangun Komitmen
  6. Ajaran Islam Dalam Konteks Kemodernan Dan Keindonesiaan
  7. Konsep Islam Tentang Keragaman Dalam Keberagamaan
  8. Ajaran Islam Dalam Konteks Kemoderenan Dan Keindonesiaan
  9. Kontribusi Islam Dalam Perkembangan Sejarah Peradaban Dunia
  10. Peran Dan Fungsi Masjid Kampus Sebagai Pusat Pengembangan Budaya Islam

Pustaka

Utama:

 

  1. Syahidin, dkk. 2014. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Pendukung :

 

  1. Adian Husaini. 2015. Kuliah Agama Islam:  Panduan menjadi Cendekiawan Mulia dan Bahagia. Pro-U Media.
  2. Arifin. HM. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
  3. Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahannya.Jakarta: Fajar Mulia, 2007.
  4. Edward,Paul. The Encyclopedia of Philosophy. New York: Macmillan Publishing, 1972.
  5. Endang Saifuddin Anshari. 1992. Kuliah al-Islam. Rajawali.
  6. Fadhil, Muhammad al-Jamali. Falsafah Pendidikan dalam Al-Qur’an. Surabaya: Bina Ilmu, 1986.
  7. Gazalba, Sidi. Sistematika Filsafat. Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang,1992.
  8. Hamami, Abbas. Filsafat Suatu Pengantar Logika Formal-Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Yayasan Pembinaan Fakultas Filsafat. UGM, 1982.
  9. Jamal Syarif Iberani. 2003. Mengenal  Islam.  el-Kahfi.
  10. Langgulung, Hasan. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Maarif, 1980.
  11. M. Quraish Shihab. 1996. Wawasan Al-Quran. Mizan.
  12. Muhammad, Oemar al-Toumi al-Syaibani. Falsafah Pendidikan Islam terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan bintang, 1979.
  13. Muhmidayeli. Filsafat Pendidikan. Bandung: Rafika Aditama, 2011.
  14. Mujib,Abdul dan Jusuf Muzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Putra Grafika,2008.
  15. ------------. Kawasan dan wawasan studi Islam. Jakarta: Prenada Media,2005.
  16. Mustansyir, Rizal dan Misnal Munir. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001
  17. Prawironegoro, Darsono. Filsafat Ilmu Pendidikan. Jakarta; Nusantara Consulting,2010.
  18. Rasyid Ridha,Muhammad. Tafsir al-Manar, juz 1. Kairo: Dar al-Manar,1373H.
  19. Salam,Burhanuddin. Pengantar Filsafat. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara,2000.
  20. Salim Muhsin, Muhammad. Tarikh Al-Qur’an al-Karim. Iskandariyah: Muassasah syabaab al-Jam’iyah,tt.
  21. Syarif, Nadhiyah al-Umani. al Ijtihad fi al-Islam; Ushuluhu, ahkamuhu, Afaquhu. Beirut: Muassasah Risalah, 1981.
  22. Surajiyo. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta; Bumi Aksara, 2010.
  23. Suseno, Franz Magnes. Berfilsafat dari Konteks. Jakarta: Gramedia, 1991.
  24. Wahab, Abdul Khallaf. Mashadir al-Tasyri’ al-Islami fi ma la Mashdhara fih. Kuwait: Dar al-Qalam, 1972.
  25. Webster’s New World Dictionary. America: The World Publishing Company, 1962.
  26. Zuhdi, Mahfud. pengantar Hukum Islam. Jakata: Haji Masagung,1990.

 

Dosen Pengampu

Ahmad Nur Ismail, M.Pd.I.

Matakuliah Syarat

Pendidikan Agama Islam 2