CAPAIAN PEMBELAJARAN MK. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 

CPL-PRODI

Mengembangkan dasar kompetensi pedagogis mahasiswa dibidang Media Pembelajaran dan mengintegrasikannya kedalam praktik pembelajaran bidang Pendidikan Agama Islam

 

CP-MK

  1. Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakoghnitif terkait Media Pembelajaran
  2. Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran yang menerapkan konsep TPACK (tecnho-pedagogical content knowledge) dalam Media Pembelajaran.
  3. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dalam suasana dan proses pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai teknologi dan informasi ke dalam praktik pembelajaran di sekolah atau madrasah.

 

Mata kuliah “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN” ini mengkaji tentang konsep dasar pengetahuan, pemahaman teori dan praktik pembuatan media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar. Materi mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Makna peran media dalam komunikasi dan pembelajaran (2) Pengertian, fungsi, dan penggunaan media pembelajaran, (3) Landasan media pembelajaran (4) Penggolongan media pembelajaran (5) Prosedur pemilihan dan prinsip penggunaan media (6) Media Benda Asli dan Bukan Asli, (7) Media dua dimensi:media papan (8) Media Grafis (9) Media dengar dan pandang (10) Produksi media presentasi (visual, audio, video), dan (11) Penelitian tentang media pembelajaran. Diakhir mata kuliah ini, mahasiswa mampu merencanakan dan merancang satu produksi media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan karaktersitik mata pelajaran di sekolah atau madrasah yang dapat digunakan sebagai salah satu tool dalam praktik mengajar pengalaman lapangan.